Sunday, 13 August 2017

Panorama Ulu Kasok, Raja Ampatnya Kampar

Ulu Kasok, objek wisata panorama bak "Raja Ampat" yang belakangan ini mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat khususnya wilayah Pulau Sumatera bagian tengah. Nama objek wisata ulu kasok mulai melejit karena panorama nan indah ini terletak di jalur lintas Riau-Sumbar. Sehingga sangat mudah untuk diakses ataupun disinggahi saat melakukan pulang kampung. Karena sebagai besar masyarakat Riau bertolak ke Sumbar saat musim liburan maupun mudik lebaran.

"Raja Ampat Riau" ini bertempatkan di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Objek wisata ini adalah bagian dari perairan bendungan Koto Panjang Kampar yang dijadikan sebagai sumber energi listrik untuk wilayah Sumatera bagian tengah khususnya Riau.

Panorama Ulu Kasok Raja Ampat Riau


Asal usul penamaan Ulu Kasok

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai objek wisata Ulu Kasok ini, terlebih dahulu kita jelaskan secara gamblang mengapa nama objek wisata ini disebut dengan ulu kasok?
Sebenarnya kita belum mendapatkan data pasti tentang penamaan Ulu Kasok, namun kali ini penulis sudah mengumpulkan data dan informasi yang sementara ini bisa dijadikan rujukan mengenai sejarah ulu kasok yang bisa kita sampaikan.

Berikut data yang telah kami kumpulkan :

1. Ulu adalah kata benda yang maksudnya hulu yaitu bagian tubuh dari leher ke atas (kepala); bagian atas (sungai dan sebagainya); permulaan.

2. Kasok/Kasau juga merupakan kata benda berasal dari bahasa jawa yaitu kayu (bambu) yang dipasang melintang seakan-akan merupakan tulang rusuk pada atap rumah, jembatan, balai-balai dan sebagainya.
*Data diatas diambil dari kbbi online
Asal usul penamaan Ulu Kasok
**Sumber Google terjemahan
Hipotesa Jelajahiya :
Dengan ULU itu sendiri berarti Hulu yang maknanya kepala atau bagian atas yang dalam hal ini kami berasumsi bahwa yang dimaksud bagian atas adalah bagian puncak tempat disaksikannya panorama raja ampat kampar ini. Sedangkan KASOK adalah bagian yang melintang bagaikan pondasi atap rumah yang tersusun atas bambu/kayu yang menahan atap agar tidak roboh.

Konklusi/Kesimpulannya :
ULU KASOK yaitu bagian puncak yang memberikan view keindahan panorama alam yang disana terdapat kayu-kayu yang bisa dijadikan oleh wisatawan sebagai tempat menyaksikan keindahan panorama alam yang telah diciptakan oleh Allah Subahanahu wa Ta'ala.

Pada gambar berikut bisa kita lihat objek dari definisi yang telah kita terjemahkan tentang Ulu Kasok panorama XII Koto Kampar. Namun kembali kami ingatkan bahwa hipotesis ini hanyalah bahasa yang kami terjemahkan dengan pemahaman kami dan apabila ada informasi yang lebih otentik tentunya akan kami sesuaikan dengan data yang sebenarnya.

Lokasi foto Ulu Kasok

Catatan : Dan kami tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan agar setiap pengunjung datang ke objek wisata manapun hendakanya menjaga ketertiban serta mengikuti seluruh peraturan yang ada demi kebaikan kita bersama.

Letak Geografis Ulu Kasok

Alhamdulillah dengan banyaknya masyarakat yang antusias dengan hadir objek wisata Ulu Kasok, serta partisipasi dalam mengiklankan Raja Ampat Riau ini saat ini Ulu Kasok sudah terdaftar di Google Maps dan mulai dikenal oleh wisatawan lokal. Lokasi Ulu Kasok secara geografis bertempatkan di Desa Pulau Gadang/Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Dimana jalan untuk mengakses lokasi ini sangat mudah karena berada di jalan lintas Riau-Sumbar yang tidak jauh dari Kota Bangkinang menjelang memasuki daerah Kabupaten Pangkalan.

Letak Geografis Ulu Kasok

Menjajaki Raja Ampat Kampar

Dari parkiran kendaraan wisatawan harus berjalan kaki untuk mengakses panorama Ulu Kasok. Ups, tidak perlu khawatir, ongkos parkirnya hanya 5 ribu rupiah saja. Selanjutnya untuk menikmati pemandangan panorama indah Ulu Kasok, wisatawan harus memiliki fisik yang baik sebelum berkunjung ke objek wisata Riau ini. Karena panorama indah hanya bisa disaksikan dari atas puncak yang berjarakkan lebih kurang 450 meter dari pinggir jalan lintas yang lebih kurang memakan waktu 15 menit dengan berjalan kaki. 

Akses Menuju Ulu Kasok

Tidak jauh dari objek panorama Ulu Kasok juga terdapat air terjun mini yang berjarakkan 500 meter yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan jalan setapak dari puncak bukit. Spot yang sering digunakan pengunjung wisata untuk berfoto, diantaranya :

  • Puncak
  • Ayunan dan bendera
  • Rumah pohon mini
  • Bangku-bangku
  • Pagar pembatas

Puncak Ulu Kasok

Juga tidak ketinggalan yang juga diandalkan dari objek wisata Ulu Kasok adalah wisata danaunya, yaitu dengan menggunakan sampai yang disewakan hanya dengan tarif 15 Ribu Rupiah. Wisatawan bisa berkeliling danau dan melewati selat diantara pulau "Raja Ampat". Adapun Pulau-pulau yang terdapat di Ulu Kasok  juga mempunyai nama, yaitu :

  • Pulau Qeis
  • Pulau Trend Camp
  • Pulau Fada Englands

Raja Ampat Kampar

Saat ini Raja Ampat Kampar sudah tembus lebih dari 100 ribu wisatawan dalam kurun waktu 3 bulan. Pengunjung yang berdatangan paling banyak di hari libur ataupun diakhir pekan dengan rata-rata menghabiskan waktu kunjungan 45 menit untuk menikmati keindahan panorama dan mengabadikan dalam bentuk foto tentunya. Dan Pemerintah daerah juga sedang berupaya untuk memajukan objek wisata ini agar semakin menarik dan menjadi objek wisata paling favorit di  Riau bahkan Sumatera.
Wisatawan Ulu Kasok
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

 

Delivered by FeedBurner