Danau Kayangan, Objek Wisata Danau Buatan Provinsi Riau

Objek Wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari. Danau Buatan, begitulah sebutan untuk danau wisata yang terletak di Desa Limbungan Kecamatan Rumbai pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Namun pemerintah Kota Pekanbaru baru saja mengganti nama Danau Buatan menjadi Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau lebih dikenal dengan Danau Kayangan. Danau ini merupakan icon wisata Kota Pekanbaru serta salah satu objek wisata yang mengangkat kepariwisataan Provinsi Riau. Namun sudahkah Anda mengunjungi Danau Kayangan? Nah, mari kita telusuri mengapa objek wisata ini menjadi icon wisata Kota Pekanbaru? Danau Buatan, ups..

danau kayanganDanau Kayangan, danau ini dulunya adalah sebuah bendungan irigasi yang di sulap menjadi objek wisata indah yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Ternyata karena pengembangan inilah yang menjadikan danau ini disebut dengan nama “Danau Buatan”. Dan sekarang objek wisata Danau Buatan atau Danau Kayangan ini merupakan salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Pekanbaru ataupun wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara.

Kawasannya wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari memiliki luas 14 hektar. Danau ini memiliki pemandangan alam yang mempesona, sangat manjur sebagai obat menghilangkan stress dan perasaan jenuh. Dikelilingi oleh pepohonan yang masih hijau dan daerah dataran tinggi yang berbukit-bukit. Membahas mengenai bukit, Danau Kayangan memiliki bukit utama yang pada puncak bukit tersebut terdapat sebuah bangunan yang memiliki atap seperti panggung terbuka tanpa dinding pembatas. Tempat ini disediakan sebagai tempat bersantai dan bersenda gurau untuk para pengunjung sambil menikmati pemandangan danau dari puncak tertinggi.  Pemandangan alam yang mempesona disekitar danau disertai suasana sejuk dan santai, menjadikan panorama indah ini sebagai pilihan yang tepat sebagai tujuan wisata serta rekreasi keluarga. Keindahan ini dapat kita nikmati bersama keluarga di hari libur, untuk menikmati suasana santai dan liburan.

Kayangan Lake View

Banyak masyarakat yang menghabiskan weekend di Danau Kayangan untuk menikmati angin sejuk dipinggir danau, untuk rekreasi keluarga, memancing ikan. Namun, tidak kalah seru objek hiburan dengan berlayar menaiki kendaraan air berkeliling danau. Nah, kendaraan air ini adalah objek hiburan yang menjadi unggulan Danau Kayangan. Beragam jenis kendaraan air yang disediakan di Danau Kayangan diantaranya kapal penumpang, perahu dan sepeda air. Perahu ataupun kapal penumpang dapat kita sewa sebagai kendaraan yang membawa kita berlayar mengelilingi danau, sedangkan sepeda air kita gunakan untuk berkeliling pinggiran danau saja. Untuk menaiki kendaraan air di danau ini kita akan berkumpul di sebuah dermaga layak kan sebuah pelabuhan yang akan membawa kita berlayar. Kita bisa menikmati liburan wisata air yang sangat menyenangkan dengan berpetualang di atas air tawar bersama keluarga maupun teman-teman.

Objek Sepeda Air 

Selain pemandangan indah yang dapat kita nikmati, keunikan Danau Kayangan juga dapat kita lihat dari banyaknya pengunjung menyaksikan festival yang di adakan di danau ini. Kegiatan yang diadakan sangat menarik, diantaranya lomba balapan perahu dayung, lomba perahu tongkang, lomba pacuan Itik, pameran kaligrafi Islam, bazaar UKM, serta lomba tingkat pelajar se-Kota Pekanbaru. Wah, kegiatan yang diadakan masih bersifat tradisional, sangat asyik untuk di saksikan.Juga beragam wisata kuliner yang dapat kita nikmati di sekitar danau ini diantaranya cendol beras, ikan bakar khas daun, serta makanan yang diolah dari jenis singkong dan sagu.

objek wisata danau kayanganDanau ini juga menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagai penyelengaaraan PON ke XVIII di Riau untuk cabang olahraga ski air. Karena dari kedalaman air serta luasnya yang memadai, Danau Kayangan memenuhi syarat sebagai venue olahraga cabang ski air. Ternyata atlet yang berpartisipasi pada cabang olah raga ski air mengaku sangat puas tehadap lingkungan danau yang kondusif sebagai tempat di selenggarakannya lomba. Wah.. semakin penasaran bagaimana nuansa indah danau yang di puji oleh para atlet ini?  Nuansa alami dan kesejukan udara disekitar danau ini merupakan tempat wisata yang paling menarik sebagai tujuan wisata. Dilingkungan sekitar danau juga terdapat tambak Ikan yang dikelola oleh masyarakat sekitar danau. Jadi selain pemandangan alamnya yang indah danau ini juga menjadi lahan mata pencarian masyarakat sekitar danau. Wah, ternyata danau ini memang memiliki banyak keunikan seperti namanya yang unik.

danau kayangan buatan
PON XVIII In Pekanbaru Riau

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi danau ini, Anda pasti tidak akan menyesal untuk mengunjungi Danau Kayangan di Kota Pekanbaru. Tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata Danau Kayangan, jaraknya dari pusat kota sekitar 10 kilometer, infrastruktur untuk menuju lokasi danau sangat mudah untuk di lalui, jalannya bagus, menyeberangi jembatan yang sudah satu arah, sehingga peluang terjebak macet sangat kecil. Tentunya juga tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk dapat menikmati indahnya nuansa wisata Danau Kayangan. Wah, ternyata di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru memiliki objek wisata yang paling tepat untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Kejenuhan akan pekerjaan dan kegiatan belajar enam hari dalam seminggu membuat otak dan badan kita memerlukan refreshing dan istirahat. Tanpa harus menghabiskan banyak uang kita dapat mengunjungi objek wisata Danau Kayangan untuk menikmati refreshing menghabiskan waktu bersama keluarga. Sudahkah Anda mengunjungi Danau Buatan? Sekarang kita akan mulai mengatur agenda agar akhir pekan ini kita dapat mengunjungi Danau Bandar Kayangan Lembah Sari berekreasi bersama keluarga.

Objek yang terdapat di Danau kayangan :

    objek wisata danau buatan                objek wisata danau buatan
    Hiburan Sepeda Air       Ski Air saat PON XVIII         Dermaga Danau

2 Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

  1. nice post.
    danau maninjau di sumatera barat juga menawarkan keindahan alam nan elok. untuk bisa ke sana silahkan klik trip to maninjau

    BalasHapus
  2. Danau maninjau, merupakan favorit di Sumatra Barat. Jan lupo untuak bakunjuang ka maninjau :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama