Taklukkan! 5 Gunung Di Malang Yang Harus Kamu Kunjungi

Malang, Jawa Timur, adalah salah satu daerah di Indonesia yang terdengar tidak asing di telinga para  pecinta maupun penikmat pemandangan alam Nusantara nan indah dan mempesona. Khususnya dikalanga para pendaki gunung, Provinsi Jawa Timur adalah salah satu destinasi yang memiliki pegunungan yang menantang untuk ditaklukkan. Namun tentu informasi ini tidak hanya dibutuhkan oleh para climber saja. Ini berlaku untuk siapapun yang membutuhkannya.

Sebelum ini kita sudah memaparkan informasi tentang gunung diantaranya :
  1. Daftar Gunung di Sumatera
  2. Daftar Gunung di Aceh
  3. Informasi Gunung Kerinci

Siapa bilang untuk menikmati pemandangan indah dari atas gunung harus dengan mandaki hingga ke atas puncaknya. Bagaikan perkataan yang dikutip dari salah seorang yang dalam bahasa "kampungnya" berbunyi kurang lebih seperti berikut :

"People who are arrogant is like a man standing on top of a mountain and then he saw others small, but his was not aware that other people also see himself small"

Dimana dalam bahasa "Kampung Kita" makna kutipan di atas adalah :

"Orang yang sombong itu umpama dia sendang berdiri di atas gunung, lalu dia melihat orang lain dibawahnya kecil, namun dia tidak sadar bahwa orang lain juga melihat dirinya kecil" 

Di awal cerita saya ingin bertanya dengan teman-teman sekalian. Pernahkah Anda mendaki gunung? Sudahkan mencoba sensasi mendaki Gunung yang ada di Malang atau Jawa Timur? Bagi rakyat Malang atau siapapun yang ingin wisata ke Kota Malang, sekarang sudah dimudahkan dengan banyaknya jasa sewa dan rental mobil yang ada di Malang, salah satunya seperti yang telah kita bahas yaitu : Rental mobil Malang di NAYFA Trans. Khususnya untuk para sahabat pembaca setia situs wisata jelajahiya. Yuk kita bahas mengenai Gunung di Malang. Sebelumnya kita juga telah sharing tentang rental mobil Malang, berikut ini kita paparkan mengenai 5 Gunung yang terdapat di Malang.

1. Gunung Panderman

Gunung pertama yang akan kita bahas secara ringkas adalah Gunung Panderman. Nama ini bukanlah salah satu nama dari tokoh superhero marvel seperti Superman, Spiderman, Ironman. Tapi ya begitulah namanya PANDERMAN, diambil dari nama salah seorang kebangsaan Belanda yaitu Van Der Man. Nama tersebut mungkin diambil sejak pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia Letak goegrafis gunung ini tepatnya di Kota Batu, Malang. Sangat menakjubkan bukan pemandangan indah yang bisa kita nikmati dari Gunung Panderman. Puncak tertinggi di gunung ini bernama Puncak Basundara dengan ketinggial 2.045 mdpl. Nah jika agan-aganwati ingin melihat pemandangan sunset dari puncak Basundara lebih begini penampakannya.
Puncak Basundara

2. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno
Gunung Arjuno dikenal dengan nama lainnya gunung berapi kerucut alias sedang tidak aktif dimana sewaktu-waktu bisa saja aktif kembali. Kata Arjuno (bahasa jawa) sendiri berasa dari kata Arjuna, yang diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Mahabrata yaitu Arjuna. Letak geografis Gunung Arjuna bertepatan di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Sedangkan ketinggian dari Gunung ini adalah 3.339 mdpl atau 10.955 foot, menjadikan Gungun Arjuno sebagai gunung tertinggi nomor 4 di Pulau Jawa.

3. Gunung Welirang

Gunung Welirang
Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif hingga saat ini dengan ketinggiannya mencapai 3.156 mdpl yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Secara geografisnya terletak diprovinsi Jawa Timur deh pokoknya.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru Malang
Salah satu gunung yang paling populer yang yang terdapat di Malang, bukan cuma malang, tetapi Indonesia secara umumnya. Gunung Semeru atau juga dikenal dengan nama Gunung Meru. Merupakan gunung berapi kerucut lainnya setelah Gunung Arjuno. Namun Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl.

Salah satu tayangan yang membuat gunung ini terkenal adalah dengan dijadikannya sebagai tempat syuting film 5 cm yang termasuk film laris di Indonesia saat pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop tanah air. Puncak tertinggi Gunung Semeru bernama puncak Mahameru. Di sekitar cadas gunung ini terdapat sebuah danau yang mana banyak orang membangun kemah atau bermalam disana.

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo
Merupakan objek wisata paling terkenal di Jawa Timur. Nama Bromo berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu. Gunung ini adalah gunung berapi aktif di pulau Jawa. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan secara geografis berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Mungkin itu dulu pembahasan singkat mengenai gunung-gunung yang terdapat di Malang. Nanti akan kita bahas secara komprehensif agar informasi yang diperlukan bisa dimanfaatkan dan menjadi sumber inspirasi sebagai tujuan objek wisata Anda. Wisata, buka dulu situs jelajahiya.

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

Lebih baru Lebih lama