Perkembangan Teknologi, Hardware dan Software, Berita dan Wisata

Objek wisata Riau, nuansa keindahan timur Sumatera

Objek wisata Riau, nuansa keindahan timur Sumatera

       
Objek wisata Riau
Objek wisata Riau, ketika membaca itu apakah yang Anda bayangkan? Mungkin sebagian besar dari kita sebagai putra Riau sudah tahu harus membayangkan apa, tapi bagaimana dengan masyarakat kita yang tinggal di provinsi lain? Sebagian dari mereka yang belum pernah mengunjungi Provinsi Riau masih belum mengetahui kekayaan Riau akan budaya dan wisatanya. Nah, tentunya melalui artikel ini kita akan menambah pengetahuan kita mengenai keindahan pariwisata di provinsi yang di kenal dengan sebutan Bumi lancang kuning tersebut.
Beragam wisata  alam, agrowisata, serta wisata religi dan  sejarah beberapa kerajaan dibagian tengah pulau Sumatera  menjadi nilai tambah dalam catatan perkembangan kepariwisataan Indonesia, Provinsi Riau menjadi salah satu tujuan wisata yang paling tepat di pulau Sumatera.



         Sebagai provinsi yang beribukotakan di Pekanbaru, Riau memiliki banyak tempat tujuan wisata baik yang berupa pemandangan alam maupun peninggalan sejarah beberapa kerajaan jauh sebelum Indonesia memploklamirkan kemerdekaannya. Juga tidak ketingalan beberapa wisata buatan yang menjadi tujuan wisata yang sudah banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal ataupun turis dari mancanegara. Riau juga memiliki banyak tempat peribadatan yang menjadi pusat perhatian. Untuk mengetahui apa saja daerah andalan Riau yang mempunyai kenampakan alam yang indah serta sejarah yang sangat menarik untuk di ketahui. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas tempat-tempat tujuan wisata di Provinsi Riau.

Objek Wisata Alam bernuansa Riau

        Sangat banyak tujuan wisata bahari di Riau yang dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota di Nusantara juga tidak kalah banyaknya jumlah turis dari mancanegara yang mengunjungi Riau setiap tahunnya, baik di musim liburan, akhir tahun dan bahkan akhir pekan. Nah, apakah yang membuat para wisatawan dan turis-turis memilih Riau sebagai tujuan wisata? Mari kita intip wisata alam apa saja yang menarik perhatian mereka.


Wisata Pantai  Bono


Objek wisata Riau

Pantai Bono merupakan pantai yang paling terkenal di Sumatera dan bahkan Nusantara, ada yang tahu apakah keunggulan pantai Bono di bandingkan pantai lain? hmm... Ombak, itu lah yang menjadi ketertarikan bagi wisatawan dan turis-turis dari berbagai Negara di belahan dunia. Pantai yang menjadi pertemuan arus antara laut lepas Sungai Kampar ini terletak di Desa Teluk Meranti. Pada musim pasang naik, ombak di Pantai Bono ini bisa mencapai tinggi 4 sampai 6 meter, tinggi ombak ini sangat sedikit ditemui di Indonesia. Ombak Bono dijadikan salah satu objek surfing. Sangat banyak turis yang tertarik melakukan selancar di pantai itu, tidak ketinggalan pemandangan alamnya yang indah membuat pantai Bono sangat banyak di kunjungi oleh wisatawan. Sudahkan Anda menikmati nuansa Bono?

Wisata alam Air Terjun Aek Martua


objek wisata riau
Air terjun Aek Martua teletak di Kabupaten Rokan Hulu kawasan Pegunungan Bukit Barisan. Nuansa sejuk dan ademnya dengan panorama yang mempesona menjadikan Aek Martua menjadi objek yang layak untuk kita kunjungi. Air terjun Aek Martua memiliki tiga tingkatan dan kebanyakan orang menyebutnya sebagai air terjun seribu tangga. Panorama yang memancar dari air terjun ini adalah airnya yang bening layaknya air mineral dengan udara yang lembab dan suasana yang nyaman. Dari pintu masuk wisata ini untuk mencapai Air Terjun Seribu Tangga ini kita harus berjalan kaki menyeberangi jembatan gantung dan melewati hutan lindung sejauh 3 sampai 7 kilometer dari dasar bukit, kemudian kita akan menemui kuburan Petapa Cipogas dalam perjalanan. Hutan lindung yang menambah suasana refreshing mata serta pernafasan dari udaranya yang sejuk.


Taman Nasional Bukit Tiga Puluh


Objek wisata Riau 

Kawasan Taman Bukit Tiga Puluh merupakan daerah perbukitan di kelilingi dataran rendah yang memiliki keanekaragaman tumbuhan endemik yang bernilai tinggi. Di taman ini sangat banyak ragam ekosistem yang mendiami kawasan ini bahkan untuk flora dan fauna yang hampir punah. Jenis flora yang sangat banyak dijumpai diantaranya Jelutung, Getah merah, Pulai, Kempas, bahkan bunga langka seperti Rafflesia juga memiliki habitat di Taman ini. Sedangakan jenis mamalia yang sangat menarik perhatian adalah Harimau sumatera, Tapir, Beruang madu dan 151 jenis burung. Pada Taman ini terdapat daerah yang disebut dengan Air Hitam Dalam. Menyelusuri arus air sungai dan menyaksikan kehidupan flora dan fauna sekitar. Air Hitam Dalam merupakan habitat berkembangnya harimau Sumatera. Di sana juga terdapat Tembelung Berasap. Juga tidak ketinggalan melihat panorama air terjun, mandi serta pengamatan akan tumbuhan sekitar. Musim kunjungan terbaik setiap tahunnya pada bulan Maret s/d Juli. Wah, ternyata taman ini juga merupakan daerah tujuan wisata yang sangat mempesona dan harus kita kunjungi.

Objek Wisata Sejarah dan Religi

        Riau merupakan provinsi terkaya akan sejarah kebudayaan serta relijiusnya. Budaya yang telah di wariskan masyarakat terdahulu sampai saat ini masih dapat kita jumpai di banyak daerah di Provinsi  Riau. Budayanya yang sangat santun menjadikan bahasa khas Riau yaitu bahasa Melayu di angkat sebagai bahasa persatuan nasional. Nah, penasaran apa saja wisata sejarah serta religi di Bumi lancang Kuning ini, mari kita telusuri bersama.

Istana Siak Sri Indrapura


Objek wisata Riau
Istana Siak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, dulunya bangunan ini dihuni oleh Sultan Siak dan sekarang istana ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Siak. Istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Riau. Istana ini memiliki corak Melayu, Arab serta Eropa pada bangunannya. Kompleks Istana ini mempunyai luas 32 km persegi yang terdiri dari 4 bangunan istana yaitu, Istan Siak, Istan Padjang, Istana Baroe dan Istana Lima. Istana Siak Sri Indrapura sudah menjadi simbol kepariwisataan di Riau. Sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Istana ini setiap tahunnya. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda dapat belajar mengenai sejarah Riau mulai dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi ini. Istana Siak merupakan tujuan objek wisata yang juga dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah. Mari kunjungi Istana Siak kerena di sana Anda juga dapat belajar mengenai Budaya melayu Riau.  

Candi Muara Takus


Objek wisata Riau
Situs wisata Candi Muara Takus adalah sebuah candi yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Tiga Belas Koto, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Candi ini merupakan bukti sejarah perkembangan Agama Budha di Indonesia. Candi ini digunakan masyarakat beragama Budha untuk beribadah. Ciri dari bangunan candi tersebut yang menunjukkan bangunan tersebut merupakan bangunan agama Budha adalah karena adanya stupa. Ketika Anda mengunjungi candi Muara Takus, Anda akan melihat stupa di sekitar candi. Di dalam kompleks candi ini juga terdapat bebrapa candi seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Mahligai Palangka. Bagi Anda yang beragama Islam, Anda tidak perlu takut mengunjungi candi ini, karena sekarang Situs Candi Muara Takus ini sudah tidak menjadi tempat perkembangan agama Budha lagi. Sekarang Candi Muara Takus sudah menjadi salah satu peninggalan sejarah pada masa kerajaan di Indonesia sekaligus sudah menjadi salah satu objek di Provinsi Riau.  

Masjid Agung Annur

Objek wisata Riau
Masjid Agung Annur adalah sebuah masjid pusat perkembangan agama Islam di Riau yang terletak di Kota Pekanbaru. Masjid Agung Annur ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Indonesia. Bangunan masjid ini banyak mengadopsi arsitektur Melayu, Arab, Turki dan India. Masjid Agung Annur di juluki sebagai Taj Mahalnya Riau. Ini karena masjid ini memiliki banyak kemiripan dengan Taj Mahal. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana luasnya bangunan masjid dan beberapa fasilitas di sekitar masjid, Anda dapat mengunjungi masjid ini kapanpun. Jika Anda berkunjung pada hari kerja Anda akan melihat proses pembelajaran di sekolah-sekolah sekitar masjid. Karena halaman masjid yang luas, halaman masjid ini juga digunakan masyarakat sebagai tempat latihan ketahanan tubuh seperti jogging dan futsal. Nah, Anda pasti penasaran bagaimana uniknya Taj Mahal Riau tersebut!

Wisata Buatan dan Agrowisata

        Riau yang kaya akan Alam dan Iklimnya yang tropis, menyebabkan Riau memiliki banyak lahan perkebunan dan objek wisata. Selain wisata alam dan wisata sejarah, Provinsi Riau mempunyai banyak objek wisata buatan. Budidaya dan pemanfatan lahan pertanian, serta struktur alam yang mempesona, Riau memiliki beberapa tempat tujuan wisata buatan. Nah, Bagi Anda yang ingin tahu apasajakah tempat-tempat itu, ayo kunjungi Provinsi Riau.

Objek Danau Buatan Lembah Sari

Objek wisata Riau

Danau Buatan Lembah Sari adalah sebuah tempat wisata unggulan di Kota pekanbaru, Riau. Walaupun danau ini merupakan objek buatan, namun nuansa panorama indahnya bagaikan keindahan alami. Namun, belum lama ini pemerintah Kota Pekanbaru baru saja merubah nama danau ini menjadi Danau Bandar Kayangan Lembah Sari. Lumbungan air ini terletak di Kecamatan Rumbai, membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota. Di sekeliling danua juga terdapat pepohonan hijau memenuhi perbukitan yang sedap di pandang oleh mata. Dan sekarang sangat banyak investor yang tertarik menanamkan sahamnya untuk renovasi pengembangan danau ini, demi memajukan pariwisata di Provinsi Riau. Dan bagi Anda yang belum merasakan dingin air danau buatan, Anda dapat mengunjungi Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau. Danau ini juga digunakan sebagai venue Pekan Olahraga Nasional ke XVII cabang ski air. Wah, ternyata danau ini memang memiliki banayak keunikan dan manfaat. Semakin penasaran untuk mengunjungi danau wisata ini.   

Wisata Pulau Burung Idragiri Hilir

Objek wisata Riau
Wisata Pulau Burung merupakan salah satu agrowisata terkenal di Riau. Pulau Burung juga dikenal sebagai Pulau Berkanal, wisata mengelilingi Pulau Burung menggunakan perahu atau pompong untuk menikmati pemandangan indah perkebunan kelapa, nenas, tambak ikan dan udang, juga tidak kalah sedapnya menikmati cita rasa masakan dan minuman hasil perkebunan, membuat kita ingin berlama-lama menikmati wisata di Pulau Kanal. Untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari ibukota kabupaten Inhil dengan menggunakan speedboat. Disana kita juga akan menjumpai Bukit Api panjang yang dapat kita daki untuk menikmati indahnya panorama kepulauaan Riau yang dapat terlihat dengan mata telanjang, sungguh pemandangan Indah yang menyejukkan mata. Anda tidak akan menyesal menikmati Indahnya agrowisata Pulau Burung di Riau.

Wisata Bukit Naang dan wahan outbond

Objek wisata Riau
Apa saja yang dapat kita nikmati di Bukit Naang? Indahnya pepohonan dan bukit-bukit kecil di taman Bukit Naang menjadikan Bukit Naang menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang sangat ramai di kujungi masyarakat. Di bukit naang kita juga akan menjumpai waterboom dan wahana outbond. Untuk mencapai bukit naang dari pekanbaru membutuhkan perjalanan darat yang cukup jauh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena untuk menghilangkan panas dan letih selama perjalanan kita dapat berenang dan mandi di waterboom naang. Juga dengan merasakan tantangan flying fox yang dapat kita nikmati dengan biaya Rp. 50.000,-. Dengan biaya itu kita dapat menikmati 17 jenis tantangan di area ini. Sungguh tidak akan menyesal apabila Anda dan keluarga menikmati wisata di Bukit Naang.

        Bagaimana menurut Anda Objek wisata Riau? Pasti Anda sudah tahu harus mengunjungi  jenis wisata apa di Riau. Riau dengan kekayaan wisata serta wahana keluarga adalah tujuan yang paling tepat sebagai tujuan wisata Anda. Mulai dari  wisata alam, wisata sejarah dan religi, serta wisata buatan yang tidak kalah serunya. Lebih dari ribuan wistawan dan turis yang mengunjungi Riau setiap tahunnya sangat merasa puas mengunjungi Provinsi Riau sebagai tujuan wisata. Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata bernuansa timur Pulau Sumatera khusunya Riau, semoga artikel yang saya posting ini dapat membantu Anda untuk memilih tujuan wisata yang Anda inginkan. Selamat berwisata!       



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by muhammad annas, Published at 12.17 and have 7 komentar

7 komentar:

  1. Thanks for information about Riau tourism, its good for me.

    BalasHapus
  2. Panorama alam yang berada di Riau sungguh indah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Silahkan kunjungi Riau.

      Hapus
  3. good posring..
    informasi yang berguna.
    kunjungi balik kami di wisata kepulau di Sumatra Barat
    terima kasih

    BalasHapus
  4. thanks for this awesome web page, i like it alat bantu sex

    BalasHapus

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.