Saturday, 10 January 2015

Gunung Marapi, Sumatera Barat

Gunung Marapi atau sebagian orang menyebutnya dengan nama Gunung Merapi terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia. Dimana kata "marapi" berasal dari bahasa minang yang artinya "berapi" dalam bahasa Indonesia. Gunung Marapi dapat dilihat dengan jelas dari Kota Bukittinggi, Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar. Ketinggian Gunung Marapi mencapai 2.891 m di atas permukaan laut.

Lokasi Gungung Marapi


Mendaki Gunung Marapi

Gunung Marapi adalah salah satu lokasi tujuan mendaki bagi masyarakat Indonesia. Dan juga banyak pendaki dari mancanegara yang mencoba kemampuannya untuk mendaki salah satu Gunung tertinggi di Sumatera Barat ini. Untuk mendaki Gunung Marapi jika kita datang dari Kota Padang membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke Bukittinggi tepatnya di Kabupaten Agam. Sedangkan jika datang dari Riau membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari perbatasan Riau-Sumbar.

Gunung Marapi mempunyai beberapa titik start pendakian, namun biasanya para pendaki paling sering memulai titik awal pendakian dari Koto Baru. Lalu dari Koto Baru pendaki dapat melanjutkan perjalanan menuju pos pendakian dengan berjalan kaki sekitar 1/2 sampai 1 jam atau juga bisa menumpang dengan kendaraan yang lewat.

Gunung Marapi

Puncak Gunung Marapi

Pendakian ke Puncak Gunung Marapi jika kita berjalan dari Koto Baru ke pos pendakian, para pendaki akan dihadapkan engan pemandangan tanaman sayur mayur di sebelah kiri dan kanan lintasan. Di perjalanan ini pula pendaki dapat melihat pemandangan Gunung Singgalang yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Marapi. Dari pos pendakian lalu berjalan menyusuri hutan pinus. Setelah melewati hutan pinus, maka pemandangan berganti dengan vegetasi primer dan sekunder khas hutan tropis Indonesia. Selama perjalanan banyak lahan datar yang berpetak-petak untuk mendirikan tenda bagi para pendaki untuk beristirahat.

Setelah melewati hutan tropis, selanjutnya perjalanan menunju puncak Marapi didominasi oleh bebatuan, kerikil dan pasir abu vulkanik yang sangat rawan bila dilintasi karena strukturnya yang mudah berubah-ubah. Pendaki harus lebih berhati-hati ketika melintasi track ini. Berikutnya pendaki akan sampai di kawah mati yang berupa dataran luas dan terbuka. Di kawah mati inilah terdapat Tugu Abel. Dari Tugu Abel ke Puncak Marapi membutuhkan waktu pendakian sekitar 15 menit. 

Taman Edelweis Marapi

Setelah sampai di puncak, pemandangan indah pun akan terlihat sejauh mata memandang. Di puncak Gunung Marapi pendaki bisa melihat beberapa kawah yang masih ditutupi kabut asap putih. Selain itu rerimbunan edelweis dibalik pepohonan menjadi penghias pemandangan indah tersebut. Jika cuaca sedang cerah, akan terlihat Gunung Kerinci, Gunung Singgalang, Danau Maninjau dan Kota Bukittinggi. Ini disebabkan letak strategis Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar. Indahnya pemandangan dari atas Puncak Marapi sangat mengagumkan siapapun yang mendaki Gunung Marapi. Gunung ini bisa menjadi tujuan pendakian dan aman untuk pendaki pemula.

Artikel Terkait

Gunung Marapi, Sumatera Barat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.