Peran Social Entrepreneurship dalam Pengembangan Perekonomian Indonesia
Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang kaya akan kebudayaan dan sumber daya alam. Ladang bagi ratusan juta penduduk untuk bersosialisasi dan mencari nafkah. Terdiri dari ribuan pulau dan laut biru yang kaya akan sumber daya. Ciri khas yang menggambarkan Indonesia sendiri adalah Bhinneka Tunggal Ika. Dengan arti “walaupun berbeda tetapi tetap satu”. Walau berasal dari adat istiadat yang berbeda, prinsip dasar yang menjadikan Indonesia merdeka hingga saat ini adalah dengan tidak membeda-bedakan satu sama lain. Berjuang bersama meneruskan kemerdekaan Negara Indonesia.
Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang kaya akan kebudayaan dan sumber daya alam. Ladang bagi ratusan juta penduduk untuk bersosialisasi dan mencari nafkah. Terdiri dari ribuan pulau dan laut biru yang kaya akan sumber daya. Ciri khas yang menggambarkan Indonesia sendiri adalah Bhinneka Tunggal Ika. Dengan arti “walaupun berbeda tetapi tetap satu”. Walau berasal dari adat istiadat yang berbeda, prinsip dasar yang menjadikan Indonesia merdeka hingga saat ini adalah dengan tidak membeda-bedakan satu sama lain. Berjuang bersama meneruskan kemerdekaan Negara Indonesia.
Era globaliasasai sekarang ini
menjadi wadah bagi kita untuk bersaing dengan dunia international. Namun
globaliasai juga bisa menjadi momok bagi banyak masyarakat Indonesia,
kemerdekaan memang telah kita proklamirkan, namun kemerdekaan atas
kesejahteraan hidup masih saja menjajah sebagian besar rakyat Indonesia hingga
saat ini.
Karena itu sumberdaya manusia
yang berkualitas harus kita tumbuh
kembangkan. Mulai dari pengolahan sumber daya alam, distribusi panen, produksi,
hingga sampai dan bisa dimanfaatkan oleh konsumen yaitu masyarakat Indonesia
sendiri. Kita cukup prihatin terhadap pemberdayaan sumber daya alam yang kita
miliki. Tidak perlu berfikir terlalu jauh, dalam sector pangan misalnya,
Indonesia yang dulu berperan sebagai exportir bahan pangan terbesar se ASEAN,
merajai berbagai pemasok sumber daya di
negara-negara Asia, tapi sekarang tidak semakmur
dulu lagi. Untuk itu agar mengembalikan perekonomian yang sejahtera dibutuhkan
banyak orang-orang yang mempunyai cara pandang positif dan jangka panjang,
inilah diperlukan social entrepreneur dalam meningkatkan pengembangan
perekonomian Indonesia.
Apa itu social Entrepreneurship?
Social adalah masyarakat atau lingkungan sekitar dan entrepreneurship merupakan sifat
berwirausaha dalam diri seseorang. Dengan demikian Socail Entrepreneurship
adalah orang yang bisa melihat masalah menjadi sebuah peluang yaitu seperti
bisnis baru yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Targetnya bukan hanya
keuntungan dan kepuasan pelanggan namun juga pengaruh bisnis yang diciptakan
terhadap lingkungan masyarakat.
Tidak jauh beda dari visi dan
misi putra sampoerna, menciptkan pemimpin yang berkualitas dan bisa mengangkat
kemajuan Indonesia terutama dalam sector ekonomi. Baik itu berupa ekonomi mikro
ataupun makro. Adapun visi dan misi sampoerna
foundation adalah Menciptakan pemimpin dan
wirausahawan handal masa depan bagi Indonesia untuk menghadapi tantangan
partisipasi gobal.
Dengan
banyak terciptanya wirausahaan tentu Indonesia akan lebih siap dengan
persaingan pasar global. Dari sudut pandang itulah sampoerna foundation
berinovatif untuk merangkul para wirausahaan muda sebagai langkah memajukan
kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apresiasi yang sangat positif dan
membangun. Sangat visioner!
Peran social entrepreneur dalam memajukan peluang ekonomi mikro
Bisnis bukanlah hal instan untuk
dilakukan, semua butuh proses dan pengamatan yang jeli. Membangun sebuah bisnis
ataupun usaha dapat dilakukan oleh semua orang yang mempunyai kemauan dan kerja
keras. Tetapi bermodalkan usaha dan kerja keras saja tidak akan cukup jika kita
tidak mempunyai manajemen bisnis yang baik. Mulai dari perancangan, target
pasar, distibusi hingga sampai ke konsumen. Nah, disinilah peran social
entrepreneur sangat diperlukan. Dengan kemampuan melihat kepada kebutuhan
lingkungan sekitar, mulai dari hal-hal kecil seperti makanan ringan, pakaian,
aksesoris dan sebagainya.
Kemampuan social entrepreneurship
adalah salah satu senjata pamungkas dalam meningkatkan perekonomian Indonesia
untuk menghadapi arus globalisasi. Dengan terus mencari peluang yang
menjanjikan, melihat kesempatan yang efektif, serta terus mencari cara
berbisnis yang tepat sasaran diperlukan genius yang professional yang dalam
masalah ini dikendalikan oleh social entrepreneur. Dimana peran yang dimainkan
oleh para wirausaha sosial ini dapat berkembang hingga memasuki lingkup makro
yaitu pasar international.
Social entrepreneurship adalah gerbang menuju kesejahteraan
Mungkin ini tidak terlalu
berlebihan, karena saat seorang wisausahawan muda datang ketengah-tengah
masayarakat. Yang paling pertama sekali sejahtera adalah masyarakat itu sendiri.
Social entrepreneur selalu memikirkan peluang yang bermanfaat terhadap
masyarakat sekitar. Kita tahu bahwa ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang
memiliki angka penghasilan dibawah rata-rata, dengan kata lain masyarakat
ekonomi menengah kebawah.
Tidak bermaksud merendahkan status sosial, namun dari fakta itu kita bisa melihat bahwa ekonomi suatu Negara bisa dikatakan baik apabila tidak adanya inflasi dinegara tersebut. Nah, coba kita lihat secara spesifik pada poin ini. Bagaimana bisa sejahtera jika semua harga kebutuhan sehari-hari (daily need) terus meninggi melebihi batas kesanggupan masyarakat. Dengan demikian bahwa peran social entreprenurship sangat penting karena produk dalam negeri ini akan mengurangi biaya barang yang tinggi. Sehingga konsumsi masyrakat akan meningkat dan perekonomian akan berjalan stabil.
Tidak bermaksud merendahkan status sosial, namun dari fakta itu kita bisa melihat bahwa ekonomi suatu Negara bisa dikatakan baik apabila tidak adanya inflasi dinegara tersebut. Nah, coba kita lihat secara spesifik pada poin ini. Bagaimana bisa sejahtera jika semua harga kebutuhan sehari-hari (daily need) terus meninggi melebihi batas kesanggupan masyarakat. Dengan demikian bahwa peran social entreprenurship sangat penting karena produk dalam negeri ini akan mengurangi biaya barang yang tinggi. Sehingga konsumsi masyrakat akan meningkat dan perekonomian akan berjalan stabil.
Upaya dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha
Kita lanjutkan dengan kalimat
seperti ini “Berbuat tidak semudah berbicara”, begitulah perumpamaan dalam
memulai wirausaha. Tidak mudah, namun juga tidak bisa dibilang sulit. Mengapa?
Karena dalam memulai usaha maupun bisnis orang yang pertama sekali kita
yakinkan adalah diri kita sendiri. Benar apa tidaknya kita akan memulai bisnis
hanya hati kita yang tahu. Dengan demikian seperti kata pepatah “dimana ada
niat disitu ada jalan”, kalimat ini sangat masuk akal. Yang kita perlukan hanya
memulai dan berusaha melihat peluang. Manajeman yang baik itu tidak harus
selalu statis, tapi manajemen yang baik itu bisa berubah mengikuti kondisi dan
masalah yang terjadi saat itu. Adapun sifat-sifat social entrepreneurship ini
dapat dilatih dengan cara :
- Mengikuti seminar kepemimpinan
- Belajar memanajemen waktu dengan baik
- Banyak bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang
- Belajar membaca peluang pasar
- Mendidik diri dengan hal-hal yang sifatnya membangun
- Belajar dari pengalaman
- Berdoa serta tawakal, karena unsur spiritual tidak pernah terlepas dari kehidupan kita.
Sumber :