Wisata Pulau Poncan, Sibolga

Pulau Poncan Gadang, begitu sebutannya. Dari namanya saja mungkin kita akan beranggapan bahwa Pulau Poncan Gadang adalah salah satu daerah wisata di Sumatra Barat karena istilah "Gadang" yang dalam bahasa minang artinya adalah "besar". Tapi anggapan itu salah karena Pulau Poncan Gadang merupakan salah satu objek tujuan wisata yang terdapat di daerah Sumatra Utara yaitu tepatnya pada Kota Sibolga. Pulau Poncan juga biasa disebut dengan istilah Pulau Poncang.  Kota ini berjarak lebih kurang 350 kilometer dari ibukota provinsi Sumatra Utara yaitu Kota Medan. Objek wisata Pulau Poncang Gadang atau Pulau Poncan merupakan salah satu yang paling terkenal di Sibolga. Di Pulau ini terdapat lokasi memancing dan snorkeling/menyelam yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara alias bule-bule gitu.



Kota Sibolga juga merupakan kota yang dilintasi oleh Bukit Barisan dimana hamparannya dikombinasi oleh bukit-bukit dan pantai pinggir laut sejauh mata memandang. Sungguh keindahan alam yang sangat alami dan nyaman. Perjalanan dengan diselingi bukit dan pantai membuat liburan semakin menyenangkan. Kota Sibolga juga menjadi kota pelabuhan yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Nah, tidak kalah serunya di kota ini juga terdapat lokasi pelelangan ikan segar yang ditangkap langsung dari lautan. Bisa jadi destinasi yang cocok untuk membeli ikan sebagai oleh-oleh maupun disantap dengan cara dibakar dipinggir pantai timur provinsi Sumut pada malam hari. Sangat indah bukan?

Pantai Poncan Gadang

Namun itu belum seberapa, tujuan wisata yang paling dicari dari Sibolga ini adalah keindahan pantainya yang sangat natural dan eksotis yang terdapat di Pulau Poncan. Dimana untuk mencapai pulau tersebut membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan speed boat dari pantai timur Sibolga. Untuk menyebarang ke Poncan akan dikenai biaya sekitar 15 ribu rupiah, namun jika pergi beramai-ramai bersama keluarga ataupun teman bisa dapat potongan alias diskon. Namun tidak akan menyesal karena objek yang dikunjungi memiliki pantai yang sangat indah yang sebagian orang bilang tidak kalah dari Pulau Bunaken. Tergantung dari seberapa puas atau tidaknya si traveller.

Poncan Island

Pulau Poncan dulunya adalah tempat bagi tentara Jepang bersembunyi dengan membuat goa yang cukup dalam, namun goa tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat. Mungkin karena unsur mistis dan mitos yang terdapat di goa tersebut. Namun apabila ingin mengunjungi goa tersebut saat berlibur ke Poncan sebaiknya mengajak masyrakat setempat sebagai pemandu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, hmm, mistis sekali!! ahuuu.

Selain indahnya pantai dengan glombang air laut dan suasana hijau bukit-bukit yang bisa menyejukkan mata Pulau Poncan mempunyai beberapa spot memancaing dan snorkeling yang tidak kalah menarik guys. Namun mungkin

Poncan Snorkeling

Di Pulau Poncan juga terdapat Bukit Santeong yang di atasnya tedapat tower TVRI yang dikelola oleh pemerintah daerah dimana dari atas bukit Santeong ini kita dapat menyaksikan hamparan laut lepas yang sangat biru nan indah dipandang mata. Di lokasi ini terdapat gazebo atau pondok yang dibuat untuk digunakan oleh wisatawan yang ingin bersitirahat. 

Nah di Pulau Poncang yang tidak kalah pentingnya juga terdapat resort yang bisa ditinggali jika ingin bermalam di pulau ini. Memang kebanyakan orang hanya berlibur balik hari saja dan menginap di Kota Sibolga. Namun bagi Anda yang ingin menginap di pulau ini juga ada fasilitas yang siap untuk di inapi.

Poncan Bukit dan Pantai

Keindahan alam tepi pantai, pesona yang dipancarkan sederetan pulau yang ada di kawasan pantai barat ini seperti pulau poncan gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Panjang dan Pulau Sarudik merupakan daya tarik utama pariwisata di Kota Sibolga.

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

Lebih baru Lebih lama