5 Objek Wisata Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang sangat terkenal akan budaya, makanan, maupun objek wisatanya. Di Provinsi ini menyimpan sangat banyak kekayaan alam yang bisa dinikmati oleh lidah maupun di pandang oleh mata. Ratusan bahkan ribuan keunikan terdapat di Provinsi yang beribukotakan Padang ini. Nah jika Anda berasal dari Pulau Jawa, Anda akan lebih identik mengenal orang Sumatera Barat dengan sebutan "ORANG PADANG". Namun jika Anda berasal dari provinsi asli di Pulau Sumatera, pastinya akan lebih terbiasa mendengan sebutan "SUMBAR". Ntah mengapa bisa demikian, mungkin karena memang keunikannya menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu icon terkenal di Indonesia menjadikannya memiliki berbagai macam sebutan.

Nah, kita semua mengakui bahwa Sumbar mempunyai sangat banyak ciri khas dalam berbagai sudut pandang, khususnya penampakan alam maupun kulinernya yang mendunia. Namun pada kesempatan ini kita hanya akan fokus untuk membahas mengenai Objek wisata yang terdapat di Sumatera Barat alias Sumbar. Sangat penasaran memang, bagi Anda yang sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di Nagari Minang Kabau ini pasti merasa penasaran seperti apa sih indahnya provinsi yang pernah menjadi kandidat sebagai pusat Ibukota Negara pada saat masa peperangan dahulu. Sedikit mengulang sejarah, Sumatera barat juga salah satu Provinsi yang memiliki peranan pada masa penjajahan. Dimana sangat banyak bukti sisa-sisa perjuangan yang menjadi sejarah terbentuknya Bangsa Indonesia. Dan tempat-tempat yang menjadi bukti itu lah di jadikan sebagai salah satu objek wisata yang terdapat hampir di seluruh wilayah di Sumbar.



Berbicara mengenai wisata di Sumatera Barat, akan sedikit sulit karena begitu banyaknya tempat yang bisa dikunjungi dan memiliki ciri khas sehingga sebagian besar lokasi-lokasi tersebut sangat ramai saat musim liburan, khususnya liburan sekolah. Tempat-tempat wisata tersebut umumnya dikunjungi oleh penduduk asli Sumatera Barat sendiri, maupun para wisatawan dari luar daerah seperti masyarakat Riau, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan bahkan tidak sedikit juga yang datang langsung dari Pulau Jawa. Itulah luar biasanya Provinsi ini, Selain kaya akan alamnya, juga kaya akan rejeki masyarakatnya. Mengapa demikian? Itu karena saat musim liburan, paling minimal para pengunjung Sumbar akan membawa oleh-oleh paling minimal kerupuk Sanjai. hehe.

Agar mengurangi rasa penasaran langsung saja kita datangi apa saja sih 5 objek wisata tersebut.

1. Jam Gadang






2. Puncak Lawang



3. Pantai Air Manis



4. Lembah Harau



5. Danau Maninjau



Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

Lebih baru Lebih lama