Cara Melarang Blok Tulisan dan Klik Kanan pada Blog

Menjadi seorang blogger profesional tidak lepas dari kerja keras dan usaha yang gencar dalam menulis postingan bermanfaat atau pun menarik perhatian pembaca. Dua hal ini sangat identik dengan standar keberhasilan seorang blogger. Nah, tentunya dengan usaha dan kerja keras kita tentu tidak akan suka jika blog atau website yang kita bangun dengan susah payah di-copy paste oleh pihak-pihak yang ingin berhasil dengan cara instan. Tentu disini ada ketidak adilan yang merugikan kita. Misalnya saja dengan menulis suatu artikel. Lalu karena artikel yang kita publish di internet bersifat umum dan bisa diakses oleh semua orang tentu akan sangat mudah untuk di bajak tanpa menyertakan copywritter atas nama kita. Ini sekali lagi merugikan kita, tidak hanya akan mencuri pembaca namun juga akan merugikan kita dalam posisi pencarian search engine di google.

Berbagi sedikit pegalaman saya saat salah satu tulisan saya di bajak oleh website swasta (maaf kalau ada yang tersinggung) dengan judul postingan Objek Wisata Riau, Nuansa Keindahan Timur Sumatera dicopy tanpa menyertakan sumber tulisan dan bahkan diganti menjadi nama mereka :

larang copy paste artikel

Sebenarnya saya juga tidak terlalu kesal dengan apa yang sudah terjadi, namun tulisan ini saya buat hanya untuk sekedar media belajar dan menjadi materi penjelas terhadap apa yang di jelaskan. Untuk itu bagi pihak yang merasa dituduh kami minta maaf. Dari semua penjelasan di atas tentu kita harus mencari solusi untuk mengatasi copy paste tulisan maupun klik kanan pada blog kita. Tidak hanya itu solusi berikut ini benar-benar ampuh untuk masalah-masalah berikut ini :
  • Di larang klik kanan pada halaman blog atau website
  • Tidak di benarkan untuk melakukan blok teks atau kata yang tertulis di halaman website atau blog
  • Si pembajak akan sulit untuk melakukan inspect element
Namun walaupun demikian dengan beberapa tools bawaan browser untuk poin nomor tiga yaitu inspect element masih bisa dilakukan. Tentu akan membutuhkan teknik khusus lagi untuk mengatasinya. 

Berikut ini tips mengatasi copy paste tulisan pada blog :
Untuk mengatasi blok kata atau tulisan pada blog, serta menutup fasilitas klik kanan dapat kita setting pada pengaturan masing-masing CMS yang digunakan. Pada kasus ini saya menggunakan blogger.

Langkah pertama : Buka menu Template, kemudian pilih button Edit HTML
Langkah kedua : Cari <body> dengan menggunakan ctrl+f pada kotak source code html blogger.
Langkah ketiga : Setelah ketemu ganti tulisan <body> tersebut dengan script di bawah ini :
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
Kemudian langkah terakhir adalah simpan perubahan settingan dengan menekan tombol simpan/save. Untuk menghindari kesalahan dapat juga dilakukan pratinjau terlebih dahulu. 

Kemudian untuk pengujian silahkan reload halaman blog Anda, lalu cobalah untuk melakukan blok kata atau klik kanan pada blog tersebut. Yang akan terjadi adalah tidak ada kejadian yang berubah karena kita sudah menutup fasilitas untuk blok dan klik kanan. Selamat mencoba! Jika ada kendala silahkan kirimkan melalui form komentar di bawah.

2 Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

  1. Wah berhasil Gan. Terima Kasih.
    Mampir dulu di syafiqjos.blogspot.com

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama