Mengukur Kecepatan Web/Blog : Google PageSpeed Insights

Membahas tentang kecepatan website/blog kita akan menjumpai banyak defenisi dan fungsi dari mengukur kecepatan itu sendiri. Berbagi mengenai Ilmu yang saya ketahui tentang pengoptimalan website/blog agar SEO friendly salah satunya adalah dengan mengkonfigurasi sehingga berat website kita bisa ringan dan lebih disenangi oleh user ataupun pembaca. Belajar dari pengalaman, biasanya user yang ingin mencari informasi dari internet akan diarahkan kepada banyak halaman yang terindeks oleh mesin terlusur/Search Engine.

page speed insight

Pada umumnya user tidak menyukai halaman yang berat dan lama dalam menyajikan informasi yang dicari user. Mereka lebih cendrung meninggalkan halaman yang berat dari pada harus menunggu hingga informasi ditampilkan. Disini mesin telusur juga mengambil tindakan agar penggunanya tetap setia karena menyajikan informasi yang TEPAT, MUDAH dan CEPAT. Inilah mengapa halaman yang ringan akan membantu msein telusur dalam membahagiakan pengguna. Oleh karena itu, kecepatan dan berat website/blog menjadi salah satu teknik kita dalam meningkatkan SEO, dan salah satu  teknik yang diajarkan pada kursus SEO

Tool yang kita gunakan adalah milik Google Developers yaitu Google PageSpeed Insights. Tool ini cukup mudah untuk digunakan.

Cara menggunakan PageSpeed Insights adalah sebagai berikut :
  1. Buka halaman tool Pagespeed pada : http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  2. Lalu akan tampil PageSpeed Insight beserta form alamat website yang ingin kita ukur. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah.
  3. Pada contoh kita masukkan blog jelajahiya.blogspot.com.
  4. Kemudian yang terakhir kita bisa klik tombol ANALISIS seperti pada contoh.
mengukur blog dengan pagespeed insights

Terakhir akan tampil persentase kecepatan maksimal dari halaman yang kita inputkan pada form diatas. Yang akan tampil adalah persentase kecepatan mobile maupun persentase kecepatan website. Juga akan bisa kita lihat apa saja yang harus kita perbaiki pada konfigurasi website kita. Semoga ini bisa bermanfaat bagi pembaca mengimplementasikan pada website Anda masing-masing.

1 Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

Lebih baru Lebih lama