Ulasan singkat seputar Riau

Seputar Provinsi Riau, merupakan salah satu Provinsi terbesar di Indonesia yang terletak di tengah Pulau Sumatra yang membentangi lereng Bukit Barisan hingga perbatasan Selat Malaka. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya dengan hasil alam yang berlimpah, baik kekayaan hasil alam yang terkandung dari dalam bumi seperti minyak, gas dan logam ataupun kekayaan dari hasil perkebunan, hutan maupun budi daya perairan serta objek wisata riau. Namun karena luas daerah dan terdiri dari banyak daerah kepulauan, terjadi kurangnya sosialisasi yang merata antara daerah daratan dan kepulauaan sehingga masyarakat pulau pun merasa tidak puas. Karena itu terjadi pemekaran dan otonomi daerah, maka Provinsi Riau pun di bagi menjadi 2 wilayah yaitu Riau (daratan) dan Kepulauan Riau. 

  Dengan Pekanbaru sebagai ibukota provinsi dan juga merupakan daerah yang terkaya akan sumberdaya alam minyak mentah, baik yang berasal dari dalam bumi yaitu minyak bumi, ataupun berasal dari permukaan bumi yaitu sawit. Riau sangat terkenal sebagai provinsi dengan kebudayaan yang sopan, baik dari aspek berbahasa keseharian ataupun cara berpakaiaan. Letak strategis Riau yang terletak di lintsan Selat Malaka menjadikan penduduk Riau menjadi masyarakat heterogen sejak jaman perdagangan bangsa eropa. Terdiri dari beragam suku bangsa seperti Batak, Minang, Nias, Aceh dan bahkan mancanegara seperti India, Arab dan Eropa.

  Di Riau kita mengenal Budaya Melayu bersimbolkan Lancang Kuning dan motif batik melayunya yang beragam. Bahasa Melayu adalah bahasa yang digunakan masyarakat riau, bahasa ini juga merupakan cikal bakal terbentuknya bahasa Indonesia yang kita gunakan sebagai bahasa nasional. Berkenaan dengan beberapa event nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional dan Peparnas yang baru saja di selenggarakan di provinsi riau, kini Riau menjadi salah satu sorotan masyarakat Indonesia, ini juga merupakan salah satu kesempatan yang sangat berharga khususnya bagi masyarakat riau untuk membuktikan sikap sopan santun yang kita miliki dalam setiap individu yang lahir sebagai putra Riau, agar di masa yang akan datang Riau menjadi salah satu Provinsi terkaya akan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang berkualitas akan budi pekerti.

Posting Komentar

Harap gunakan kata-kata sopan dalam berkomentar.

Lebih baru Lebih lama